Pages

Minggu, 27 September 2020

Sepasang Ular di Jembatan Cirahong dan Tumbal Sepasang Pengantin



 Sepasang Ular di Jembatan Cirahong dan Tumbal Sepasang Pengantin

Infrastruktur bangunan di negara kita pada masa lalu seolah tidak bisa lepas dari sesajen dan tumbal. Dan mungkin sampai detik ini pun hal seperti itu masih kerap terjadi walau pun sembunyi-sembunyi. Banyak yang beranggapan semua itu hanya mitos belaka, namun bagi mereka yang memiliki mata ketiga, punya pendapat berbeda, bagaimana dengan Anda?

Satu dari sekian banyaknya bangunan peninggalan Hindia Belanda adalah jembatan Cirahong. Jembatan CIrahong merupakan jembatan kereta api yang berada diperbatasan kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Dengan panjang 202 meter, jembatan Cirahong dibangun pada tahun 1893.

Kendala yang sering terjadi saat jembatan Cirahong dibangun adalah sungai Citanduy mendadak banjir, mengakibatkan sulitnya memasang fondasi. Kemudian semua teratasi setelah permintaan sepasang siluman ular, Nyai Odah dan Aki boh`ang dipenuhi. Yaitu mereka meminta sepasang pengantin sebagai tumbal, ditanam bersama fondasi jembatan.

Kisah selengkapnya bisa kalian simak di cerita audio lewat video atau link di bawah ini. Selamat mendengarkan.


 Sepasang Ular di Jembatan Cirahong dan Tumbal Sepasang Pengantin




Tidak ada komentar:

Pengalaman Pertama Donor Darah Seperti Apa? 

Pengalaman Pertama Donor Darah Seperti Apa?  31 Juli 2022 Hari minggu gue sama sister jogging keliling Kebun Raya Bogor, tapi pas lewatin la...