Pages

Senin, 12 Oktober 2020

Misteri Sejarah Lagu Nina Bobo

 



Nina Bobo...ooo...Nina Bobo
Kalau Tidak Bobo Digigit Nyamuk...

Penggalan lirik lagu diatas tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Terutama bagi orang tua yang tengah menghantarkan buah hatinya ke alam mimpi yang indah. Tapi mungkin masih sedikit dari kita yang tahu misteri di balik lirik lagu Nina Bobo tersebut. 

Lirik lagu Nina Bobo tercipta tahun 1871 dari seorang ibu berdarah jawa bernama Mustika untuk putrinya yang bernama Hele Nina Mustika Van Rodjnik. Lirik asli lagu tesebut dalam bahasa Belanda.


Lirik Asli Lagu Nina Bobo:

Slaap meisje, oh slaap, meisje 
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden. 
Laten we gaan slapen, oh lief meisje,
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden.



Karena lirik lagu Nina Bobo diminta untuk dituliskan oleh seorang kapten tentara Belanda bernama Van Rodjnik yang  merupakan ayah dari Hele Nina Mustika Van Rodjnik. 

Hampir setiap malam menjelang tidur,  Mustika selalu menyanyikan lagu Nina Bobo untuk putrinya, dan Van Rodjnik yang selalu mendengar itu meminta istrinnya untuk menuliskan liriknya agar ia juga bisa menyanyikan lagu itu untuk putrinnya.

Awalnya Helenina sangat susah sekali tidur, karena sebuah penyakit yang dideritanya. Namun, sejak ibunya selalu bersenandung lagu Nina Bobo untuknya, ia pun bisa tertidur dengan pulas setiap malamnya.




Hingga suatu waktu, Helenina yang masih berusia 6 tahun itu meninggal dunia karena penyakitnya yang semakin parah. Meninggalkan kedua orang tua yang teramat sangat menyayanginya. 

Seminggu setelah kepergian Helenina, kejadian ganjil pun terjadi. Mustika kembali bersenandung menyayikan lagu Nina Bobo di kamar putrinya. Dan itu ia lakukan setiap malam. Awalnnya Van Rodjnik hanya memaklumi istrinya yang sangat terpukul karena kehilangan buah hati satu-satunnya itu. Namun semakin lama Van Rodjnik pun tak tahan dengan kelakuan istrinya tersebut, lantas ia pun bertanya mengapa Mustika masih terus menyanyikan lagu Nina Bobo. 

Mustika menjawab, karena dia selalu mendengar suara tangis Helenina setiap malam yang memintanya menyanyikan lagu Nina Bobo. Kisah selengkapnnya bisa disimak di #CeritaAudio dalam link di bawah ini ya.



Tidak ada komentar:

Pengalaman Pertama Donor Darah Seperti Apa? 

Pengalaman Pertama Donor Darah Seperti Apa?  31 Juli 2022 Hari minggu gue sama sister jogging keliling Kebun Raya Bogor, tapi pas lewatin la...